Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam
strategi K-W-L ini meliputi:
-
Memunculkan pengetahuan awal
siswa tentang topik dari materi bacaan yang diberikan
-
Menetapkan tujuan pembahasan
-
Membantu siswa untuk memantau
pembelajaran mereka
-
Memberi kebebasan bagi para
siswa untuk menilai pemahaman mereka tentang materi bacaan
-
Memberikan kesempatan bagi
para siswa untuk mengembangkan ide-ide di luar Mated
Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
-
Gunakan lembar kegiatan K-W-L
yang merupakan suatu materi dengan topic yang bisa membuat siswa tertarik.
Mulailah dengan menanyakan pada mereka apa yang mereka ketahui tentang topik
yang diberikan. Munculkan sebanyak mungkin ide pada topik berdasarkan pada
pengetahuan awal siswa. Catat ide-ide pertama di kolom pertama. Cara ini
melengkapi komponen K dari strategi (yaitu known/ yang diketahui).
- Setelah kolom K dilengkapi
dengan seluruh ide-ide yang muncul, mulailah untuk mengelompokkan informasi.
Tahap ini membantu murid untuk mengorganisir informasih yang kemudian digunakan
untuk menyusun isi pada tahap berikutnya, merumuskan pertanyaan-pertanyaan
untuk ditehisuri yang memberikan lebih banyak pemahaman dan kejelasan pada topik
yang diberikan
- Berdasarkan pada tahap ke 2,
para siswa siap untuk memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang merupakan dasar
bagi komponen strategi ke dua yaitu "W" want/ ingin (apa yang ingin
dipelajari ). Saat pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dan disetujui muncul,
catat daftarnya pada kolom ke dua Tahap ini tergantung pada kebutuhan-kebutuhan
dan tingkatan-tingkatan perkembangan para siswa. Dalam banyak kasus, tahap ini
termasuk mengakses, membaca, meneliti atau mengumpulkan informasih dari sumber-sumber
yang disediakan oleh guru atau dari sumber-sumber lain yang didapatkan oleh
siswa yang digunakan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Dalam
tahap ini, para siswa boleh mengajukan lebih banyak pertanyaan berdasarkan dari
informasih yang mereka temukan untuk mendukung topik yang didiskusikan (bisa
dicantumkan dalam daftar di kolom yang menampilkan strategi "W" want/
ingin)
- Secara simultan, setelah
mereke menyelesaikan tahap ke 4, informasih baru dapat dicatat pada kolom
'L" leam (apa yang dipelajari oleh para siswa)
- Setelah kolom "L"
selesai dan para siswa memutuskan bahwa mereka telah mendapatkan informasih
yang cukup tentang topik yang sedang didiskusikan, mengelompokkan informasi,
dan merumuskan pernyataan tentang topik tersebut (pengetahuan baru).
KWL merupakan tabel yang berfungsi sebagai pembanding informasi yang sudah di ketahui dengan informasi yang ingin diketahui
BalasHapus