Pages

Minggu, 30 September 2012

Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)


Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam strategi K-W-L ini meliputi:
-         Memunculkan pengetahuan awal siswa tentang topik dari materi bacaan yang diberikan
-         Menetapkan tujuan pembahasan
-         Membantu siswa untuk memantau pembelajaran mereka
-         Memberi kebebasan bagi para siswa untuk menilai pemahaman mereka tentang materi bacaan
-         Memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mengembangkan ide-ide di luar Mated
Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
-         Gunakan lembar kegiatan K-W-L yang merupakan suatu materi dengan topic yang bisa membuat siswa tertarik. Mulailah dengan menanyakan pada mereka apa yang mereka ketahui tentang topik yang diberikan. Munculkan sebanyak mungkin ide pada topik berdasarkan pada pengetahuan awal siswa. Catat ide-ide pertama di kolom pertama. Cara ini melengkapi komponen K dari strategi (yaitu known/ yang diketahui).
-  Setelah kolom K dilengkapi dengan seluruh ide-ide yang muncul, mulailah untuk mengelompokkan informasi. Tahap ini membantu murid untuk mengorganisir informasih yang kemudian digunakan untuk menyusun isi pada tahap berikutnya, merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk ditehisuri yang memberikan lebih banyak pemahaman dan kejelasan pada topik yang diberikan
-  Berdasarkan pada tahap ke 2, para siswa siap untuk memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang merupakan dasar bagi komponen strategi ke dua yaitu "W" want/ ingin (apa yang ingin dipelajari ). Saat pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan dan disetujui muncul, catat daftarnya pada kolom ke dua Tahap ini tergantung pada kebutuhan-kebutuhan dan tingkatan-tingkatan perkembangan para siswa. Dalam banyak kasus, tahap ini termasuk mengakses, membaca, meneliti atau mengumpulkan informasih dari sumber-sumber yang disediakan oleh guru atau dari sumber-sumber lain yang didapatkan oleh siswa yang digunakan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Dalam tahap ini, para siswa boleh mengajukan lebih banyak pertanyaan berdasarkan dari informasih yang mereka temukan untuk mendukung topik yang didiskusikan (bisa dicantumkan dalam daftar di kolom yang menampilkan strategi "W" want/ ingin)
-    Secara simultan, setelah mereke menyelesaikan tahap ke 4, informasih baru dapat dicatat pada kolom 'L" leam (apa yang dipelajari oleh para siswa)
-  Setelah kolom "L" selesai dan para siswa memutuskan bahwa mereka telah mendapatkan informasih yang cukup tentang topik yang sedang didiskusikan, mengelompokkan informasi, dan merumuskan pernyataan tentang topik tersebut (pengetahuan baru).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Sample Text